Profesi Panjat Tebing

foto
[28 Jun 2014]

Kalau dulu profesi pemanjat tebing adalah hanya untuk para penggiat yang mencari kesenangan pada tebing-tebing batu tanpa peduli dengan materi, hal itu sudah berubah banyak di jaman sekarang. Pemanjat sudah menjadi profesi yang bisa menjadi sandaran hidup ,terutama pada panjat tebing prestasi sejak cabang panjat tebing menjadi cabang olahraga resmi di pekan olahraga nasional (PON) pada tahun 2004. Bahkan ada satu keluarga di Jawa Tengah dimana tiga kakak-beradik berprofesi sebagai pemanjat tebing prestasi.

Lima tahun terakhir bahkan telah lahir cabang baru dari profesi pemanjat yaitu pekerja pada ketinggian, yang memanfaatkan keahlian memanjat untuk melakukan kerja pada ketinggian seperti menginspeksi menara telekomunikasi. Untuk masuk ke profesi baru ini, para pemanjat cukup dipoles sedikit dengan standard dan regulasi yang berlaku di dunia kerja maka jadilah mereka para pekerja yang dapat diandalkan.

Dengan banyaknya tebing batu di banyak lokasi di tanah air, ada satu profesi lain yang akan berkembang yaitu pemandu wisata panjat tebing. Namun untuk yang satu ini peran pihak lain yaitu pemerintah daerah sangat menentukan karena terkait dengan penyediaan infrastruktur yang tidak mungkin mampu disediakan oleh komunitas pemanjat tebing.

Bukan mustahil dimasa yang akan datang akan lahir cabang profesi lain dari kegiatan panjat-memanjat ini.

Foto: lyon.co.uk