Kepemimpinan Seorang Pelatih

foto
[21 Jan 2014]

Leadership atau kepemimpinan menjadi salah satu materi pokok dalam Standar Pelatihan Pelatih Olahraga Panjat Tebing yang telah disesuaikan dengan Standar Lembaga Akreditasi Nasional Olahraga (LANKOR). Mengapa materi tersebut menjadi sangat penting? Karena pada kenyataannya seorang pelatih akan menjadi pemberi arah dan bimbingan bagi atlit yang akan dibinanya.

Tugas utama seorang pemimpin adalah memberi arahan dan bimbingan. Untuk dapat memberikan arahan yang sesuai tentunya seorang pelatih kudu mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menilai kemampuan atlitnya, dan sudah pasti harus juga memiliki pengetahuan tentang tujuan yang akan diarahkan. Menjadi naif jika sang atlit mempunyai kemampuan memanjat baru level kesulitan 5.11 tapi sudah diajak kompetisi level dunia yang saat kualifikasi saja pemanjat minimal mampu memanjat level 5.12.

Demikian pun untuk dapat memberikan bimbingan yang baik tentunya seorang pelatih dituntut untuk mempunyai keahlian yang memadai tentang metode latihan yang pas buat seorang atlit. Dengan keberadaan pelatih yang mempunyai keahlian mengarahkan dan membimbing yang mumpuni akan membuat sang atlit dapat fokus dalam mencapai prestasi maksimal.