Jalur Ke-1.000 untuk Indonesia

foto
[05 Dec 2013]

Tedi Ixdiana dari Indonesia Climbing Expedition pada tanggal 22 Nop lalu berhasil menggenapkan Proyek 1.000 Jalur untuk Indonesia dengan membuat jalur pemanjat di Tebing Mama Painemo, Kawasan Teluk Kabui, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Jalur bersejarah itu diberi nama Jalur Ke-1.000 untuk Indonesia, dengan panjang jalur mencapai 20 meter dan tingkat kesulitan sekitar 5.11c/d. 

Pembuatan jalur dimulai sekitar jam 09.15 WIT diselingi dengan istirahat shalat Jumat di Kampung Saonek, 1.5 jam speedboat dari Kawasan Teluk Kabui, dan jalur tersebut berhasil menyelesaikan pengeboran pengaman terakhir sekitar jam 16.30 WIT. Setelah jalur dinyatakan jadi oleh TX, nickname Tedi Ixdiana, dilakukan pemanjatan pertama oleh Abang  (pemanjat Raja Ampat yang asli Enrekang, Sulawesi Selatan). 

Tebing dimana jalur dibuat adalah batu berbentuk telunjuk atau pensil (penduduk lokal menyebutnya Tebing Pensil) yang jika dilihat dari tebing tertinggi di dekatnya akan nampak seperti seorang ibu yang sedang menyusui bayinya. Gambaran itu ditemukan oleh pak Desimon, seorang wisatawan yang ikut dalam rombongan Ekspedisi Raja Ampat 2013, karena itu tebing tersebut diberi nama Tebing Mama Painemo. Sebagai gambaran, tebing tersebut adalah satu dari ratusan tebing yang berserakan di kawasan panjat tebing Teluk Kabui. Ketinggian tebing di kawasan ini bervariasi 20-80 meter. Perlu waktu tahunan untuk membuat banyak jalur di sini. Ayo siapa mau ikut bikin jalur di sini?

Keterangan: Deden dan Abang di puncak Tebing Mama Painemo.

Sumber: Indonesia Climbing Expedition