Sisi Lain Raja Ampat: Panjat Tebing

foto
[21 Nov 2013]

Raja Ampat dikenal orang sebagai surganya olahraga selam (diving) karena dunia bawah permukaan air wilayah kabupaten di propinsi Papua Barat yang terkenal indah.

Hari ini, 21 Nopember 2013, komunitas panjat tebing Merah Putih mulai membuka babak baru Raja Ampat yaitu dengan membuat jalur pemanjatan di salah satu satu tebing yang ada di Pulau Waisai yaitu Tebing Muka Manusia, dekat sekali dengan Waieo Diving Resort, sebelah kiri jalan menuju Bandara. Deden Wahyudin dibantu oleh Abang sebagai belayer berhasil membuat dua jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan 5.11an. 

Kedua jalur tersebut masing-masing dengan jumlah pengaman permanen hanger sebanyak 4 dan 3 unit, dengan panjang jalur sekitar 12m dan 8m. 

Dengan tebing-tebing yang berserakan di berbagai penjuru Raja Ampat bukan mustahil kawasan ini akan menjadi target baru bagi para pemanjat tebing dari seluruh penjuru dunia. Dukungan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Raja Ampat dalam mempromosikan kegiatan panjat tebing sangat diharapkan, yaitu dalam hal mempromosikannya panjat tebing sebagai icon lain Raja Ampat.