Suatu Minggu Agak Cerah di Citatah

foto
[19 Nov 2013]

"Belay On!" teriak seorang pemanjat perempuan yang akan memanjat satu jalur pemanjatan untuk pemula Tebing 125, yang langsung di jawab "On Belay!" oleh rekannya yang menjadi pengaman pemanjatan, mereka adalah bagian sekelompok pemanjat yang berasal dari KAFA UI, yang telah berada di sini sejak hari Jumat dua hari lalu. Sementara itu waktu baru menunjukkan pukul 09.15. Rupanya pemanjatan itu adalah pertama kalinya dia lakukan di tebing alam, sehingga pergerakan berjalan sangat lambat..bahkan lambat sekali, namun dengan semangat yang sangat tinggi akhir dari jalur dapat dicapai dalam waktu tidak kurang dari 20 menit..oh my God..!

Begitulah suasana di bagian bawah Tebing 125 yang berada di Kawasan Citatah, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (Jawa Barat) pada suatu hari Minggu di bulan Nopember tahun 2013. Berserak puluhan jalur pemanjatan dengan variasi tingkat kesulitan beragam. Sementara itu di bagian atas tebing, sekelompok pemanjat sedang berusaha menggapi puncak tebing yang mempunyai ketinggian tidak kurang dari 125 meter.

Tengan Nopember dimana setiap hari turun hujan, cuaca pagi itu yang kurang begitu cerah sudah menjadi karunia yang sangat besar tidak turun hujan. Sebagian besar jalur pemanjatan basah berair sehingga tidak mungkin melakukan pemanjatan disana..Dadapang, Bor 7, Kuning sudah pasti tidak mungkin dipanjat..tapi beberapa jalur masih mungkin untuk dipanjat seperti Chock 8, Hendro, Poster..Artinya di musim penghujan ini masih boleh manjat di Tebing 125 Citatah.